Home / Info Sekolah / Di Tengah Kelangkaan, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Memproduksi Masker

Di Tengah Kelangkaan, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Memproduksi Masker

MAGELANG – Merebaknya virus Corona (Covid-19) menimbulkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memakai masker saat bepergian atau di mana pun beraktivitas. Hal itu mendorong tingginya kebutuhan masyarakat akan benda penutup mulut dan hidung tersebut, sehingga masker menjadi langka dan paling dicari saat ini.

Sebagai lembaga pencetak tenaga terampil, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Kabupaten Magelang peka terhadap situasi yang terjadi. Sehingga sekolah ini menjawab kebutuhan masyarakat dan berusaha memenuhi kebutuhan masker. Terlebih saat ini sedang gencarnya pencegahan virus Corona, masker menjadi prioritas yang dibutuhkan masyarakat di seluruh tanah air.

Peluang Usaha

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi, S.Pd.I mengatakan sekolah yang dipimpinnya bertekad turut serta memerangi virus Corona dengan memproduksi masker secara massal. Namun ditandaskan produksi massal masker yang dilakukan bukanlah serta merta berorientasi bisnis yang mengedepankan profit.

“Namun lebih menitikberatkan pada tindakan membantu sesama,” tandasnya.

Untung Supriyadi berharap, memproduksi masker bisa menjadi peluang usaha yang bisa ditangkap para siswa. Tidak hanya dilakukan dalam keadaan seperti saat ini, namun dilakukan sebagai usaha mandiri kelak setelah lulus sekolah.

“Sehingga keterampilan memproduksi masker bisa sebagai bekal siswa kelak di kemudian hari,” harapnya.

Praktik Langsung

Sementara itu, pembimbing keterampilan siswa Sita Rahmawati, S.Pd mengatakan para siswa yang dilatih memproduksi diharapkan memiliki keterampilan tersebut dengan baik dan sempurna. Sehingga keterampilan membuat masker dari bahan hingga siap jual, akan mereka miliki hingga dewasa.

“Dengan praktik langsung ini, selain bisa memproduksi secara massal sekaligus mengajari siswa menjalankan sebuah usaha,” katanya.

Salah satu siswi Kelas X Jurusan TKJ 1, Khafifah Arum Sari merasa senang berkesempatan terlibat dalam memproduksi masker. Selain senang karena menambah pengalaman cara membuat masker, sekaligus belajar menciptakan sebuah peluang usaha.

“Bahkan kali ini sekaligus bisa membantu orang lain yang membutuhkan masker untuk mencegah penularan virus Corona,” kata Khafifah.

Sementara itu, Sita menjelaskan bahan utama pembuatan masker berupa kain jenis khusus untuk masker pada umumnya. Masker produksi sekolah ini tidak kalah mutunya dibanding yang beredar di pasaran. Saat ini SMK Muhammadiyah 2 Muntilan menerima pesanan masker dari berbagai pihak.

“Harga masker produksi kami lebih murah dibanding dengan yang dijual di pasaran, namun tetap berkualitas,” jelas Sita. (Siedoo)

About admin

Check Also

Wujudkan Kepedulian Terhadap Bangsa, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Bagikan 10 Ribu Masker

MAGELANG – SMK Muhammadiyah 2 Muntilan lagi-lagi menunjukkan kepeduliannya terhadap bangsa Indonesia. Kali ini turut andil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *