Home / Info Sekolah / SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Jadi Center of Excellence

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Jadi Center of Excellence

MAGELANG – Menjadi sesuatu yang membanggakan bagi SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Pasalnya sekolah ini dipercaya menjadi Center of Excellence (CoE) bagi program keahlian OTKP (Otomasisasi dan Tata Kelola Perkantoran).

Kepercayaan itu diterima pihak sekolah ketika Direktur Pembina SMK Dr. Ir. Bakrun Dahlan, M.M. bersilaturahim ke SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Jumat (4/9/2020). Dikenalkan pula motto dari keunggulan ini yaitu “Hebat Kudu Manfaat”.

Program CoE merupakan program dari Direktorat SMK Kemendikbud yang diluncurkan pada Juli 2020 lalu. Yaitu sebagai upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan. Di mana salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing.

“Dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional maupun global,” kata Dr. Ir. Bakrun Dahlan, M.M.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi, S.Pd.I mengatakan dalam program OTKP tidak hanya berupa pengadaan peralatan praktik yang memadai dan sesuai. Tetapi juga terdapat program pembentukan karakter siswa sekaligus pendidikan dan laithan bagi guru dan teknisi,

“Dengan ditunjuknya SMK Muhammadiyah 2 Muntilan sebagai Center of Excellence, berarti kami harus siap menjadi pusat keunggulan pada Jurusan OTKP. Sehingga menjadi rujukan model pembelajaran di jurusan tersebut,” katanya.

Kepercayaan sebagai pusat keunggulan ini merupakan hasil kerja keras dan tanggung jawab sekolah kepada para siswa. Sehingga dengan program ini siswa diharapkan lebih berkompeten di keahlian OTKP.

“Selain itu, siswa benar-benar memiliki karakter dan kompetensi sesuai industri,” ujar Untung menambahkan.

Menindaklanjuti dan meningkatkan program tersebut dalam waktu dekat ini, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan akan membangun laboratorium praktikum khusus untuk Jurusan OTKP.

“Tentunya laboratorium praktikum yang benar-benar sesuai dengan standar industri,” tandas Untung Supriyadi, S.Pd.I. (Siedoo)

About admin

Check Also

Lancarkan Kelola Bisnis, Wirausahawan Dilatih Akuntansi Dasar

MAGELANG – Sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan keterampilan sebagai entrepreneur, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Magelang Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *