Home / Uncategorized / Lima Guru SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Jadi pemenang Sayembara Video Pembelajaran

Lima Guru SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Jadi pemenang Sayembara Video Pembelajaran

Magelang, Dalam rangka memberikan solusi bagi peserta didik SMK untuk mendapatkan layanan pembelajaran di era pandemi. Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar sayembara pembuatan 1.000 video pembelajaran praktik siswa SMK.

Video tersebut dapat digunakan oleh siswa SMK untuk belajar secara mandiri, dapat pula digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi guru SMK dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah.

Salah satu sekolah yang mengikuti adalah SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Pihak sekolah mendelegasikan 5 orang guru untuk membuat video tersebut.

Guru yang mengikuti adalah Novi Setiaji Panuntun, S.Kom dan Sapto Prasetyo, S.Pd yang mendapat tugas membuat video untuk Kompetensi Keahlian Produksi Grafika. Pengambilan Video Produksi Grafika yang dibuat diantaranya, Mengoperasikan Komputer, Mengoperasikan mesin cetak digital, Mengoperasikan mesin cetak offset lembaran (sheet) dan Menjilid secara manual secara manual dan mesin.

Pada video Produksi Grafika tempat pengambilan gambar berada di beberapa percetakan. Kendala yang dihadapai tidak semua percetakan berkenan menjadi tempat pengambilan vidoe dengan alasan privasi.

“Saat pembuatan video beberapa kendala diantaranya tidak semua Industri percetakan mau dijadikan tempat pembuatan video”, Kata Novi Setiaji panuntun

Sedangkan tiga guru lainnya yaitu, Setyo Hendrawati, S.Pd, Dwi Susilowati, S.Pd dan Eva Widiyaningtyas, S.Pd membuat video Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata. Unit video pada Kompetensi tersebut adalah Membuat dokumen di dalam komputer, Memproses dokumen perjalanan darat dan laut, dan Menghitung harga dan menyiapkan tiket penerbangan domestik dan internasional.

Pembuatan yang dilaksanakan selama 1 bulan tersebut membuahkan hasil. Guru yang ditunjuk pihak sekolah menjadi pemenang dan diberikan hadian serta sertifikat dari Direktorat SMK.

Pihak sekolah berencana membuat video pembelajaran kembali guna membantu guru dan siswa dalam pembelajaran.

“Pihak sekolah untuk membatu guru dan siswa belajar, akan membuat konten video pembelajaran untuk mempermudah memahami materi”, Kata Untung Supriyadi selaku kepala sekolah.

Untung menambahkan bahwa sekola bersedia membagi ilmunya dalam pembuatan konten video pembelajaran bagi sekolah lainnya. (NSP)

About admin

Check Also

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Ikuti Uji Kompetensi Bahasa Inggris Berstandar internasional

Magelang, Dalam rangka mengasah kemampuan Bahasa Inggris berstandar Internasional siswa dan guru, SMK Muhammadiyah 2 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *