Profil Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)

  1. Tujuan Program Keahlian
  • Membekali peserta didik agar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  • Membekali peserta didik agar dapat mengimplementasikan konsep wawasan tentang perkembangan teknologi yang menyangkut pada alat atau sistem dalam manajemen perkantoran.
  • Membekali peserta didik agar memiliki jiwa Entrepreneur yang mandiri dan berkepribadian sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Membekali peserta didik agar memiliki kompetensi dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis sesuai dengan kebutuhan yang ada di Industri.
  • Membekali peserta didik menjadi tenaga Administrasi Perkantoran, baik dalam kantor pemerintahan maupun dunia usaha.
  1. Intrakurikuler

Penetapan konsentrasi Program Keahlian

Konsentrasi adalah pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah program keahlian pada awal fase F (Kelas XI dan XII). Konsentrasi mempelajari kompetensi yang lebih spesifik, sesuai dengan tujuan dan dunia kerja atau peluang usaha yang akan ditempati oleh lulusan. Peserta didik hanya diperbolehkan mengambil satu konsentrasi, karena konsentrasi dimaksudkan agar peserta didik benar-benar fokus dan kompeten, sehingga siap memasuki dunia kerja atau berwirausaha.

Pemilihan konsentrasi berdasarkan minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar pada fase E (kelas X), sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup Program Keahlian Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis  antara lain profesi kerja setelah lulus, jabatan dalam pekerjaan, peluang usaha, jenis kompetensi, fasilitas yang digunakan. Pihak sekolah dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap karya-karya peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X). sekolah menggunakan instrumen untuk mengetahui bakat, minat, dan passion peserta didik.

Berikut konsentrasi Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis yang kami tetapkan di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 024/H/KR/2022  :

  • Manajemen Perkantoran
  • Manajemen Logistik
  1. Manajemen Perkantoran

Manajemen Perkantoran Indonesia sudah merupakan suatu kebutuhan di semua sektor industri termasuk Badan Pemerintah maupun BUMN yang dalam pengoperasian usaha dan pelayanan jasanya memerlukan fungsi administrasi perkantoran. Seperti di Kabupaten Magelang, banyak kantor perusahaan dan kantor – kantor yang memerlukan tenaga administrasi, seperti sekolah, rumah sakit, dan kantor usaha swasta yang ada di Kabupaten Magelang. Melihat potensi dan peluang kerja yang ada seperti Office administrative (administrasi kantor).

Mata pelajaran pada konsentrasi Manajemen Perkantoran diberikan kepada peserta didik di kelas XI dan XII (fase F) yang berfungsi untuk lebih memperkuat dan  menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap keahlian (keprofesian) manajemen perkantoran, melalui pemahaman dan penerapan tentang ekonomi dan bisnis, pengelolaan administrasi umum, komunikasi di tempat kerja, pengelolaan kearsipan, teknologi perkantoran, pengelolaan rapat/pertemuan, pengelolaan keuangan sederhana, serta penatalaksanaan administrasi pada bidang spesifik (sumber daya manusia/kepegawaian, sarana prasarana, humas dan keprotokolan, dan lainnya) sesuai tuntutan dan kebutuhan bidang manajemen perkantoran di dunia kerja. Berbekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap di bidang manajemen perkantoran peserta didik akan mampu berwirausaha secara mandiri dan/atau melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Mata pelajaran Manajemen Perkantoran bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) yang meliputi :

  • memahami dasar-dasar ekonomi dan bisnis;
  • menerapkan pengelolaan administrasi umum;
  • menerapkan komunikasi di tempat kerja;
  • menerapkan pengelolaan kearsipan;
  • menerapkan teknologi perkantoran;
  • menerapkan pengelolaan rapat/pertemuan;
  • menerapkan pengelolaan keuangan sederhana;
  • menerapkan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM);
  • menerapkan pengelolaan sarana dan prasarana; dan
  • menerapkan pengelolaan humas dan keprotokolan.

konsentrasi keahlian manajemen perkantoran diharapkan akan membentuk peserta didik memiliki kompetensi sebagai:

  • Staf administrasi kantor
  • Resepsionis
  • Asisten arsiparis
  • Asisten sekretaris
  • Layanan pelanggan (customer service)
  • Operator komputer junior di bidang perkantoran
  • Dan lain sebagainya
  • Manajemen Logistik
  1. Manajemen Logistik

Revolusi industri yang saat ini sudah era revolusi industri ke-4 akan berdampak sangat besar terhadap bisnis logistik. Beberapa aktivitas bisnis logistik saat ini seperti pergudangan, transportasi, pelayaran, dan pelabuhan sudah sadar terhadap penggunaan teknologi informasi.

Kita mengetahui antara kebutuhan dan ketersediaan SDM dalam bidang logistik belum seimbang, masih belum banyak Sekolah atau lembaga pendidikan menyediakan lulusan yang konsentrasinya ke bidang tersebut, terlebih di wilayah Kabupaten Magelang. Melihat hal tersebut, maka mendorong mendorong kami sebagai dunia pendidikan bidang vokasi dalam hal ini SMK Muhammadiyah 2 Muntilan untuk ikut berperan dalam menyiapkan SDM dalam bidang logistik yang kompeten dalam bidang teknologi informasi,

Mata pelajaran Manajemen Logistik berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai Procurement Staff, Logistic Operator, Warehouse Checker,  Staff Operasi Pengiriman (Operation Staff for Delivery), Staff Administrasi Pengiriman (Administrative Staff for Delivery), Staff Administrasi Logistik (Logistics Administrative), Export/Import Operation Staff, Export/Import Administrative Staff, Counter Staff, Traffic Staff dan Dispatcher.  Memberikan bekal bagi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau menjadi wirausahawan (entrepreneur) dalam bidang logistik yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi secara verbal dan non verbal, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim,  mampu mengelola informasi/gagasan serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Mata pelajaran Manajemen Logistik bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) meliputi:

  • memahami konsep ekonomi bisnis dan administrasi umum;
  • menerapkan dasar-dasar manajemen rantai pasok (supply chain management);
  • menerapkan pengadaan barang;
  • menerapkan aktivitas pergudangan;
  • menerapkan pelayanan pelanggan;
  • mengoperasikan sistem informasi logistik;
  • melaksanakan pengiriman barang; dan
  • memahami perdagangan internasional.

konsentrasi keahlian manajemen logistik diharapkan akan membentuk peserta didik memiliki kompetensi sebagai:

  • Procurement staff (Staff pengadaan)
  • Logistic operator(Operator logistic)
  • Warehouse checker (Pemeriksa Gudang)
  • Operation staff for delivery (staff operasi pengiriman)
  • Administrative staff for delivey (staff administrasi pengiriman)
  • Logistics administrative (staff administrasi logistik)
  • Export/import operation staff (staff operasi ekspor/ impor)
  • Export/import administrative staff (staff administrasi ekspor/ impor)
  • Counter staff (Staff loket)
  • Traffic staff (Staff lalu lintas pengiriman)
  • Dispatcher (petugas pengiriman)
  • Dan lain sebagainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *